CSR

Laporan CSR

Menanamkan Kesadaran Terhadap Lingkungan untuk Mengantisipasi Banjir

BAF cabang Jakarta 2 mengadakan kegiatan CSR pada tanggal 7 Juni 2008. csr_jkt2_peserta.jpgKondisi Jakarta beberapa tahun terkahir berupa bencana banjir mengilhami ide kegiatan ini yaitu ikut berperan aktif dalam menanamkan kesadaran terhadap lingkungan melalui kegiatan edukatif terhadap generasi muda Jakarta. Acara diadakan di SMAN 10 Jakarta yang diikuti oleh tak kurang dari 50 siswa SMAN 10 beserta 14 orang guru, aparat pemerintah setempat yaitu Lurah, perwakilan dari kecamatan, Kasudin Dikmenti dan Kasi SMA Jakarta Pusat, kepala sekolah SMA dan SMP sekitar, perwakilan dari dealer Dirgantara Adi Perkasa, serta 40 orang karyawan BAF Jakarta 2.

Acara diawali oleh sambutan-sambutan dari pihak sekolah yang diwakili Kepala Sekolah, dari pihak BAF diwakili oleh Bp. Lalu Erhan selaku pendamping kegiatan tersebut dan dari pihak pemerintah diwakili oleh Kasudin Dikmenti Jakarta Pusat.

csr_jkt2_presentasi.jpgKemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan edukasi berupa pemberian materi oleh Bp. Ir. Kamir R. Brata sebagai pakar ilmu tanah dari Institut Pertanian Bogor yang menjelaskan fungsi alat biopori sebagai alternatif ramah lingkungan untuk mencegah terjadinya banjir. Setelah itu giliran Ibu Juang Gema Kartika, SP juga dari Institut Pertanian Bogor yang memberikan materi tentang kesadaran lingkungan untuk mengantisipasi bahaya banjir. Ibu Juang menjelaskan bahwa pencegahan banjir bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab seluruh warga Jakarta.  Warga Jakarta diharapkan mengetahui tindakan-tindakan pengendalian banjir, tindakan tersebut adalah tindakan preventif berupa tindakan pencegahan seperti ; mengadakan penghijauan, pembuatan sumur resapan biopori, perilaku membuang sampah, dll. Selanjutnya tindakan kuratif berupa tindakan untuk meminimalisir akibat banjir setelah terjadi banjir seperti ; program penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran tentang ancaman banjir.Dalam Kegiatan ini dilakukan penanaman pohon di lingkungan sekitar sekolah dan pembuatan lubang biopori oleh karyawan BAF dan siswa sekolah. 

csr_jkt2_biopori_zz.jpgDi acara tanggal 7 Juni tersebut secara simbolik Mr. Mutsuo Harada (Presiden Direktur PT BAF) melakukan penanaman dan pembuatan lubang biopori. Dalam kesempatan ini BAF  menyumbangkan 20 bibit pohon, 10 alat biopori dan 3 tempat sampah permanen.   

TIM CSR JKT2


« Kembali ke daftar

 

News
CSR